Detail Berita

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas LKPD Tahun Anggaran 2021

22 June 2022 08:53 Admin Berita

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas LKPD Tahun Anggaran 2021.

Hari/Tgl: Selasa 17 Mei 2022
Pukul: 14.22-15.21 WIB
Tempat: Gedung BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo.

Pemerintah Kabupaten Mojokerto kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021, Selasa (17/5) siang, di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Sigit Pratama Yudha mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono, kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2020 sebelumnya, opini WTP juga telah dikantongi Pemkab Mojokerto. Ini artinya, WTP tahun anggaran 2021 yang diterimakan di 2022 kali ini merupakan prestasi delapan kali berturut-turut, yang sukses dipertahankan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan opini kewajaran penyajian laporan keuangan. Laporan ini bukan jaminan bahwa suatu laporan keuangan bebas dari fraud dan kecurangan. Namun jika ditemukan yang demikian, maka pemeriksa akan mengugkapkannya dalam catatan audit. Semoga dapat digunakan sebgai dasar untuk pengambilan keputusan penganggaran.

WTP merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

WTP sebenarnya bukan tujuan, melainkan sebuah sarana yang mampu menggambarkan kondisi sebuah daerah yang telah menerapkan transparansi, dan good governance. Selanjutnya, informasi yang diolah dan disajikan dalam laporan yang menghasilkan predikat WTP, bisa dijadikan alat atau instrumen pengambilan sebuah keputusan strategis.